Sabtu, 20 April 2013

Membuat CO2 Sendiri


Pembuatan CO2 sendiri
Untuk kalangan aquascaper penggunaan lampu dan suplly gas CO2 sangat penting, karena tanaman sangat membutuhkan untuk berfotosintesa sehingga bisa bertumbuh dengan subur. Kalau dialam nyata/liar tanaman bisa mendapatkan CO2 dari sampah2 daun yang membusuk dan terfermentasi secara alamiah. Tapi kalau diakuarium harus disuplai dari luar yaitu dengan  menyuntikan gas CO2 sehingga tanaman bisa berfotosintesa. Dan kalau melihat harganya, tabung CO2 merupakan peralatan aquascape yang cukup mahal, namun mengingat vitalnya alat tersebut jadi kalau ingin aquascapenya bisa tumbuh sempurna harus ada perlaatan tersebut. Untuk itulah diperlukan kreativitas supaya Aquascape tetap bisa tersuplai CO2 tapi tanpa mengeluarkan biaya yang mencekik. Sebenarnya banyak teori CO2 di mbah Google tapi disini saya akan berusaha berbagi pengalaman  pembuatan Tabung dan Gas CO2 secara minimalis tapi hasilnya maksimal.
 Biasanya kan DIY CO2 rata rata hanya memakai ragi, baking powder, dan gula, terkadang juga di tambah dengan agar2 murni. Kali ini ada tips baru untuk mempertahankan CO2 , hingga tiga bulan lebih. Alat dan bahan antara lain :
Alat :
1 Gunting
2 Obeng ( untuk melobangi Tutup Botol )
3. Sambungan selang airrator
4. Lem Power Glue ( Untuk menghindari kebooran )
5. Selang aerator
Bahan : 
            Gula pasir ( Kalau bias yang Kuning ) 250 gr.
2.       Baking Powerder,
3.       Ragi instan (kalau bisa Ragi dalam bentuk butiran warna coklat),
4.        pupuk dekstar NPK. botol 2L seperti potol PocariSweet.

Untuk sistimnya dilihat seperti di bawah ini

Persiapan :
Siapkan Botol bekas  dua botol, lalu lubangi setiap tutup botol dengan mengunakan obeng setelah itu masukkan penyambung selang air rator sehingga menutupi lobang agar tidak keluar udara gunakan lam power  glue sebagai pengikat antara tutup dengan penyambung air rator ( hindai kebocoran pada bagian ini ) tunggu hingga 30 menit agar lem mengering, setelah itu hubungkan setiap slang air rator kesetiap botol.

Pembuatan cairan
Tahapan 1 :
Gula direbus dl dalam air sebanyak 1 atau 1,5 liter. Gula yang sudah larut jangan langsung dipake. Didiamkan dulu dalam botol yang ditutup rapat selama minimal 4 hari, lebih lama lebih baik.Apalagi sampe mengeluarkan gas seperti kita buka sprite.
 
Tahapan 2 :
Masukkan larutan ke dalam air gula yang sudah kita diamkan selama beberapa hari,
Baking powder 1Sdt
Ragi 0.5 Sdt
Dekstar 10 butir dihancurkan
NPK 10 butir dihancurkan
Tambah air panas ke dalam seluruh larutan sampe botol hampir penuh (Totoal air di dalam 1,75Liter)
Kocok kocok  agar seluruh larutan tercampur rata.

Tahap 3 :
Tutup setiap botol yang ada hubungkan satu dengan yang lain lihat seperti gambar, partikan gelembung akan keluar karena permentasi dari larutan pertama dan kedua apa bila tidak ada pasti ada kebocoran 
 
 

3 komentar: